Sehati Stop Motion

November 20, 2013

Semenjak fraktur, saya jadi rajin berhubungan dengan internet untuk mencari informasi tentang patah tulang. Saat itu saya menemukan sebuah blog coretanmimil.blogspot.com, sebuah blog yang menceritakan tentang patah tulang. Dari blog itu pulalah saya mengenal grup patah tulang Sehati. Sebuah grup yang mampu membangkitkan semangat saya. Grup yang mengingatkan saya bahwa saya tidak sendiri. Banyak manfaat yang bisa saya dapat dari grup tersebut.

Dulu sebelum saya mengenal grup Sehati, semangat juang saya sempat kendur. Saya terbiasa mandiri, beraktifitas tinggi sekarang hanya bisa terbaring di tempat tidur dan menanti bantuan orang lain. Benar- benar membosankan, menyebabkan stress tingkat tinggi. Tapi setelah tergabung dengan grup itu saya sadar bahwa kisah saya tidak separah yang lain. Meskipun saya mengalami multi fraktur (pergelangan tangan, panggul, dan tibul) tetapi saya masih beruntung tidak mengalami hal-hal lain seperti infeksi, dsb.

Dunia baru, keluarga baru berarti orang-orang baru. Bertemu dan berbincang dengan orang-orang yang mengalami cerita yang sama ataupun hampir mirip. Berbagi informasi, pengalaman,saling mendengarkan dan saling menguatkan. Lewat grup ini saya bisa mengenal berbagai karakter dan pekerjaan. Ada Ranti sang terapis, Bang Bon dengan bengkel lasnya, duo remaja yang baru lulus SMA Firdan dan Dina, Bang Ade yang selalu susah mencari sinyal,Novi gadis manis dari Lamongan serta job seeker yang baru lepas toga Anjun. Kisah perjuangan mereka pun macam-macam, ada yang harus berjuang sampai 10 tahun karena tulangnya yang belum nyambung benar, memakai pen luar, terus berjuang melawan infeksi sampai hari ini, ada juga anggota baru yang narsis, yang penting eksis, dan aneka cerita lainnya. Semuanya menambah warna dan cerita dalam grup itu.

Sehati adalah Grup pertama saya dan karenanya grup ini begitu istimewa buat saya. Karena ketika memasuki grup ini saya diterima dengan hangat, pertama kalinya merasa didengar, dimengerti dengan hati. Saya ingat ketika mb Anna menyetujui permintaan saya menjadi member. Teh Mila yang memastikan patahan apa yang saya derita. Saat saya memperkenalkan diri dan menyetorkan ronsen, semua menyambut hangat. Hal itu yang membuat saya ingin membuat sesuatu untuk grup ini.

Bermula dari ajakan Firdan, seorang bocah yang daya seninya cukup tinggi yang terkadang membuat saya bengong dengan pemikirannya yang diluar nalar. Dia mengajak untuk membuat lagu Sehati. Kebetulan waktu itu Sehati mau ultah. Saya kebagian membuat lirik. Singkat cerita, hingga hari ultah Sehati lagu itu belum tercipta sepenuhnya. Firdan sudah membuat merekam suaranya untuk menentukan nada dan lanjutan lirik saya. Tapi saat itu rasanya buntu. Lagu Firdan teronggok d mp3 saya tanpa ada tambahan lirik lainnya.

Kebetulan saya sedang tergila-gila dengan video stop motion. Berulang kali saya share video stop motion ke grup wacap atau ke fb. Ucapan dua orang teman saya yang membuat saya tertarik membuat stop motion. Teman saya berkata ingin membuat video stop motion dan saya juga tertarik untuk membuatnya. Pasti menarik. Dan ada teman lain yang mengatakan video ini mudah asal punya tripod. Haruskah memakai tripod? Selanjutnya saya googling dan memutuskan membuat stop motion tanpa tripod. Saya ingin tahu bisakah saya membuatnya? Stop motion menjadi tantangan baru dalam aktivitas saya. Yah saat ini saya butuh tantangan agar saya merasa hidup lagi. Saya terbiasa dengan tantangan, entah apa pun itu. Bahkan terkadang saya mencari atau melakukan sesuatu yang menurut orang tak penting hanya untuk membuat saya bersemangat.

Lagu Firdan pun  terpilih. Saya pilih suara Firdan karena lagunya berdurasi pendek, selain itu sebagai ganti utang membuat lirik. Sayang sekali jika suaranya hanya menjadi penghuni mp3 beberapa orang. Selain itu setau saya belum pernah ada yang mengupload stop motion macam itu di Sehati. Kebanyakan kemajuan gerakan-gerakan yang bisa dilakukan member. Pasti lucu, sesuatu yang baru, dan menarik serta siapa tahu bisa menyemangati member lain.

Proyek ini cukup menyita waktu karena banyak gambar yang harus saya buat. Hampir tiap hari saya gambar, tempel, warna, dan gunting. Orang-orang di sekitar saya tertawa dan bingung,kayak anak TK ucap mereka. Tapi saya semakin penasaran dan makin asyik dalam dunia prakarya itu. Hingga akhirnya saya putuskan deact fb sementara agar lebih fokus tidak tergoda untuk berfacebook ria. Hihihiii…
Ini adalah proyek kejutan bahkan Firdan pun tidak tahu suaranya saya pake percobaan. Akhirnya stop motion ini selesai. Kejutan saya untuk Firdan cukup sukses. Selanjutnya kejutan untuk anggota Sehati. Semoga hasilnya sesuai harapan J


Ini stop motion pertama yang saya buat. Memang masih kasar dan goyang. But at least I’ve finished my challenge. Dan rasanya menyelesaikan tantangan diri sendiri ituuu begitu istimewaaaa \^.^/     

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

kumpulan-emak-blogger

Flickr Images