PRIVE URI-CRAN SOLUSI PERTEMUANKU DENGAN ANYANG-ANYANGAN

March 10, 2018



Beberapa waktu lalu saya merasa nyeri di area perut bawah. Rasanya berbeda dengan sakit bulanan. Rasa sakit itu terkadang muncul dan hilang. Saya sempat pergi ke pusat kesehatan. Setelah berkonsultasi, dokter memberi resep berupa vitamin dan pereda nyeri yang diminum jika sakitnya tak tertahan. Ada kemungkinan efek PMS. Beberapa hari kemudian memang saya mengalami menstruasi. 

Bulan depannya kembali terulang. Tapi saat itu tubuh saya memang tidak fit. Sempat mengalami diare juga. Saya pikir, sakitnya efek diare. Karena takut semakin parah, saya kembali ke pusat kesehatan. Saya ceritakan keluhan dan beliau memberikan diagnosis berbeda. 

Setelah menceritakan keluhan, Dokter berbalik menanyakan beberapa hal tentang apa yang saya rasa. Dan saya kaget, kok dokter bisa menebak apa yang terjadi. Beberapa pertanyaannya adalah tentang buang air kecil. Apakah sering merasa ingin pipis terus menerus atau rasa sakit saat buang air kecil (BAK).

Beberapa kali memang saat buang air kecil, saya merasa sakit. Enggak sakit banget tapi berbeda dengan biasanya. Sering juga merasa pipis tidak tuntas karena keluarnya sedikit. Efeknya jadi bolak-balik ke kamar mandi. Tetapi kadang kalau malas ya ditahan dulu. Capek juga bolak-balik kamar mandi, apalagi kalau kerjaan sedang banyak. Nanggung. 

Dokter melarang saya menahan pipis. Dia juga menyarankan banyak minum air putih. Nah, jarang minum air putih ini juga kebiasaan buruk yang saya lakukan. Kembali ke pekerjaan yang banyak. Akibatnya kelesa. Beliau menuliskan resep dan menjelaskan ada kemungkinan saya terkena Infeksi Saluran Kencing (ISK).





Super kaget waktu dijelaskan tentang penyakit tersebut. Dokter sempat menjelaskan infeksi ini bisa dialami pria maupun perempuan. Tetapi perempuan lebih banyak terkena dibanding pria. Hal itu disebabkan jarak antara aluran kemih dan saluran pembuangan air besar lebih dekat. Beliau lalu meresepkan obat.

Tiba di rumah saya mencari info tentang ISK melalui internet. Info lengkap pun tersaji. Dalam bahasa umum, ISK lebih dikenal sebagai anyang-anyangan. Saya enggak menyangka rasa ingin pipis terus merupakan salah satu alarm tubuh, penanda ada yang tidak beres. Selama ini saya cuek dengan hal tersebut. Bahkan mengikuti saran teman, mengikat jempol kaki dengan karet gelang. Infeksi ini yang menjadi penyebab sakit saat buang air kecil.

Dari artikel yang dibaca, ada beberapa hal yang menjadi ciri-ciri anyang-anyangan. Hal tersebut adalah:

  1. Hasrat berlebih saat buang air kecil.
  2. Sering buang air kecil, tetapi volumenya sedikit-sedikit,
  3. Nyeri panggul pada wanita dan nyeri pada anus bagi pria,
  4. Rasa perih saat buang air kecil,
  5. Urine berbau menyengat, lebih pekat, bahkan terkadang mengeluarkan darah,
  6. Bisa terjadi demam, merasa lelah serta kurang sehat.


Ketika infeksi terjadi, penderita mungkin menderita gejala yang berbeda. Hal ini disebabkan perbedaan bagian sistem kemih yang terinfeksi, seperti:

  1. Ginjal (pielonefritis akut): nyeri pada pinggang belakang atas, demam tinggi, mual dan muntah.
  2. Kandung kemih (sistitis): perasaan tidak nyaman pada perut bagian bawah, panggul terasa seperti ditekan, buang air kecil berulang kali dan terasa nyeri, serta adanya darah pada urin.
  3. Saluran kencing (urethritis): kemaluan terasa perih saat buang air kecil. Hal itu disebabkan menyebarnya bakteri sistem gastrointestinal dari anus ke saluran kemih.

Penyebab Anyang-anyangan

Seperti yang telah dijelaskan diatas, wanita lebih beresiko terkena anyang-anyangan dibanding pria. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab anyang-anyangan, yaitu:
  1. Kebiasaan cebok yang salah.                                                                                                    Hal ini menyebabkan bakteri E.Coli dari anus masuk ke alat kelamin dan bila mencapai saluran kencing, maka bisa menginfeksi kandung kemih. 80-85% kasus anyang-anyangan disebabkan bakteri ini.
  2. Bakteri Chlamydia.                                                                                                                      Bakteri ini biasanya terdapat di vagina dan menjadi penyebab keputihan. Seperti halnya bakteri E-coli, jika chlamydia masuk ke saluran kencing, maka kandung kemih akan terinfeksi.
  3. Menopause.                                                                                                                                Ketika memasuki masa menopause, maka kadar estrogen wanita akan menurun. Hal itu menyebabkan sistem kekebalan kandung kemih juga menurun hingga menyebabkan rawan terinfeksi.
  4. Kurang menjaga kebersihan.                                                                                          Menjaga kebersihan merupakan hal penting. Begitu pula saat berhubungan seksual. Bersihkan organ intim sebelum melakukan maupun sesudahnya.
  5. Struktur organ intim yang tidak normal.                                                                                    Hal ini dipengaruhi oleh kondisi penderita yang mungkin terjadi sejak lahir.
  6. Diabetes.                                                                                                                                    Penderita diabetes biasanya memiliki hasrat buang air kecil lebih tinggi dibanding orang sehat. Akibatnya lebih mudah terserang anyang-anyangan. Selain diabetes, kadar asam urat dan tekanan darah tinggi juga rawan tehadap anyang-anyangan.
  7. Dehidrasi.                                                                                                                              Ketika dehidrasi, seseorang akan sedikit memproduksi urin yang mengakibatkan dia sulit berkemih.Padahal minum air membantu mengeluarkan bakteri di tubuh melalui kencing.
  8. Hamil tua.                                                                                                                          Semakin tua usia kandungan akan menekan kandung kemih. Sehingga keinginan buang air kecil meningkat tetapi yang keluar hanya sedikit.
  9. Alat KB.                                                                                                                                          Salah satu efek pemakaian alat KB adalah keinginan untuk buang air kecil terus menerus. Terutama pada alat yang dimasukkan ke dalam rahim wanita seperti spiral. Selalu kontrol alat KB agar terhindar hal yang tidak diinginkan.
  10. Batu ginjal.                                                                                                                                      Adanya batu ginjal menyumbat jalannya urin sehingga menyebabkan anyang-anyangan.
  11. Pembesaran Prostat.                                                                                                  Membesarnya prostat pada lelaki dapat menekan saluran kencing. Akibatnya urin tertahan di kandung kemih dan tak dapat dikeluarkan dengan tuntas.
Satu hal yang membuat saya khawatir adalah terulangnya anyang-anyangan. Saya enggak mau dong mengalami lagi sakit saat buang air kecil. Setelah paham penyebabnya, saya pun mencari info tentang mengatasi susah buang air kecil secara alami. Yang saya lakukan adalah:
  1. Perbanyak minum air terutama air putih. Saya harus melawan rasa malas untuk bergerak keluar dari meja kerja. Solusinya adalah saya menyediakan botol minum ukuran besar. Jadi tidak perlu bolak-balik untuk ambil minum.
  2. Berhenti menahan kencing. Mau sesibuk apapun, saya berusaha untuk tidak menahan kencing. Jika ada kegiatan yang membuat saya tidak leluasa ke kamar mandi, saya pastikan untuk buang air kecil terlebih dahulu.
  3. Membersihkan area kewanitaan dengan benar. Selesai buang air, bilas dari arah depan ke belakang. Hal itu dapat mencegah bakteri dari anus menyebar ke vagina atau uretra. Hindari juga douching atau mencuci organ kewanitaan dengan cairan antiseptik. Cairan tersebut dapat menghilangkan bakteri baik pada Miss V serta mengganggu keseimbangan alami.
  4. Sering mengganti celana dalam agar alat kelamin kering dan tidak lembab. Karena bakteri senang berkembang di tempat yang lembab.
  5. Mengatur asupan nutrisi tubuh. Pola makan yang baik yang kaya akan nutrisi dapat membuat tubuh lebih sehat. Meningkatkan imun tubuh. Salah satu asupan yang baik adalah makanan atau minuman yang mengandung probiotik semisal makanan atau minuman berfermentasi seperti kimchi dan yoghurt.
Selain yang berfermentasi kita juga bisa mengkonsumsi cranberry. Buah ini mengandung vitamin C yang tinggi serta kaya akan serat makanan, minerak, dan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin juga senyawa fitokimia. Senyawa fitokimia merupakan salah satu sumber anti oksidan polifenol yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat mencegah penyakit berbahaya seperti kanker serta jantung.

Lalu apa hubungan cranberry dengan infeksi saluran kemih?

Jus cranberry diketahui efektif mencegah infeksi saluran kemih. Dalam buah cranberry mengandung antioksidan yang disebut proanthocyanidins. Antioksidan ini bersifat anti-adhesi yang membuat bakteri tidak akan menempel pada saluran kemih, sehingga mencegah infeksi terjadi.





Sebagai anak kost, agak sulit bagi saya untuk mengkonsumsi jus cranberry setiap hari. Hingga saya menemukan Prive Uri-cran di sebuah drug store. Prive Uri-cran terbuat dari ekstrak cranberry dan diproduksi oleh Combhipar. 


Terdapat dua jenis Prive Uri-cran, yaitu:

1.Prive Uri-cran yang berbentuk kapsul





2.Prive Uri-cran plus yang berbentuk serbuk




Warna merah cranberry dalam kemasan memikat mata. Saya memilih Prive Uri-cran Plus untuk dikonsumsi. Karena lebih cocok buat saya yang kurang suka kapsul. Cara mengkonsumsi sangat mudah. Cukup campurkan 1 sachet Prive Uri-cran Plus dengan 100-150 ml air matang. Dingin terasa lebih nikmat. Dianjurkan dikonsumsi 1-2 sachet per hari hingga anyang-anyangan hilang dengan sendirinya.





Ketika serbuk dan air tercampur akan menghasilkan minuman berwarna pink, sebagai bukti ekstrak cranberry. Rasanya pas, tidak terlalu manis atau hambar. Aromanya pun bukan aroma obat. Bahkan teman-teman di kantor mengira saya sedang menikmati jus buah.

Prive Uri-cran ini bisa didapatkan di drugstore di kota Anda, seperti




Jika tidak ada drugstore tersebut di kotamu, kunjungi web Uri-cran untuk info lebih lanjut. Kau akan dengan mudah menemukan daftar apotek yang menjual produk ini. Tiba-tiba enggan keluar? Tenang… produk ini dijual secara online juga kok. 

Ingat ya… jangan pernah sepelekan anyang-anyangan.



Sumber:
https://mediskus.com/penyakit/21-penyebab-anyang-anyangan-yang-tak-boleh-disepelekan

http://uricran.co.id

You Might Also Like

1 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

kumpulan-emak-blogger

Flickr Images